Mengubah sampah menjadi uang melalui Bank Sampah

16-Feb-2020   Dibaca :  99 kali

Karangmojo, 14 Februari 2020

Kegiatan Bank Sampah dijalani oleh warga Kecamatan Karangmojo khusus para KPM ( Keluarga Penerima Manfaat ) PKH yang tinggal di wilayah setempat. Setiap sebulan sekali mengumpulkan aneka sampah yang dihasilkan dari rumahtangga berupa sampah an organik: plastik, botol, kaca , besi, kaleng dll.

Kegiatan pengelolaan sampah ini dikenalkan oleh pendamping PKH yang bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gunungkidul. Kegiatan ini dilaksanakan karena adanya kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan sampah agar terjaga kebersihan lingkungan. Sampah rumah tangga akan mengeluarkan bau  memancing datangnya lalat dan jentik jentik nyamuk.

Kegiatan ini mendukung kegiatan Gertak Karjo tentang PSN dengan gerakan 3m Plus nya. Ternyata dengan penggelolaan sampah ini bisa menambah penghasilan warga. Warga datang melakukan penimbangan sampah dipengepul sampah kemudian mendapat uang hasil penimbangan tersebut dan dicatat dibuku tabungan.

Ternyata kegiatan ini yang dilakukan oleh KPM PKH dengan warga setempat membawa manfaat yang baik untuk menciptakan lingkungan yang nyaman, bersih, bebas dari polusi pembakaran sampah dan selain itu juga hasil dari penjualan sampah dapat ditabung untuk menambah penghasilan keluarga, ternyata dari sampah membawa berkah.

 

Berita Terbaru


KAPANEWON KARANGMOJO MELAKSANAKAN DESK RKA 2025

Jumat 19 April 2024 di Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kabupaten Gunungkidul seluruh PPTK

Apel Pagi Memperingati Hari Kartini di Kapanewon Karangmojo

Senin, 22 April 2024 di Halaman Kapanewon Karangmojo dilaksanakan Apel pagi sekaligus memperingati

SOSIALISASI PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN KEGIATAN KEISTIMEWAAN KAPANEWON KARANGMOJO

Kegiatan Rapat Sosialisasi Perencanaan dan Pengendalian Kegiatan Keistimewaan Kapanewon Karangmojo


Download