SOSIALISASI PEMUTAKHIRAN DATA SDGs DESA KAPANEWON KARANGMOJO

16-Mar-2023   Dibaca :  1029 kali

 

 

Sesuai amanat Peraturan Menteri Desa dan PDTT Nomor 2 Tahun 2016, menyebutkan bahwa pemutakhiran data berbasis SDGs Desa merupakan pemutakhiran data Indeks Desa Membangun yang lebih detail, lebih mikro, untuk dapat memberikan informasi lebih banyak sebagai proses perbaikan, pendalaman data-data pada level RT, keluarga, dan warga di tingkat perdesaan. Untuk itu melalui Surat Dinas Setda Kabupaten Gunungkidul Nomor 410/6987, diinstruksikan kepada para Panewu, dengan  berkoordinasi dengan Pemerintah Kalurahan untuk merencanakan  pemutakhiran data SDGs Desa Tahun 2023 bersama TPP Pendamping Lokal Desa dan Pendamping Desa.

Dan John Emilton Bancin selaku Koordinator Tim TPP Kapanewon Karangmojo pada Giat Sosialisasi Pendataan SDGs Desa di Kalurahan Gedangrejo pada Kamis, 16 Maret 2023 menyampaikan bahwa Giat Sosialisasi pada siang ini merupakan giat terakhir, setelah secara maraton melaksanakan agenda sosialisasi di 9 Kalurahan se Kapanewon Karangmojo yang dimulai pada Kamis, 9 Maret 2023. “Kita selaku perpanjangan tangan Kementerian Desa di tingkat Perdesaan mendapat mandat sesuai tupoksi yang ada untuk memfasilitasi Pemerintah Kalurahan, terkait pembentukan, penetapan, serta melakukan pembekalan Kelompok Kerja Relawan Pendataan SDGs Desa pada tahun ini”, imbuhnya.

Sementara itu Kepala Jawatan Kemakmuran Kapanewon Karangmojo, Ngateno, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pembangunan dengan berbasis data akan mempermudah Pemerintah Kalurahan dalam menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah maupun dalam penjabarannya pada Rencana Kerja Pemerintah Kalurahan setiap tahunnya. “Diharapkan dengan pemutakhiran dan pendataan real sesuai yang ada di lapangan oleh para relawan, khususnya tingkat rukun tetangga dan keluarga, maka pembangunan kalurahan akan tepat sasaran, dan sesuai kebutuhan, bukan keinginan pemangku kebijakan maupun kelompok tertentu yang ada dimasyarakat. Dan pembangunan berkelanjutan akan terus berkesinambungan, sampai 18 item SDGs tercapai, walaupun ada pergantian pemangku kebijakan yang ada di kalurahan”, pungkasnya.

 

Reporter,

Tim TPP  Kapanewon Karangmojo/SAS-Red

 

 

 

Berita Terbaru


KAPANEWON KARANGMOJO MELAKSANAKAN DESK RKA 2025

Jumat 19 April 2024 di Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kabupaten Gunungkidul seluruh PPTK

Apel Pagi Memperingati Hari Kartini di Kapanewon Karangmojo

Senin, 22 April 2024 di Halaman Kapanewon Karangmojo dilaksanakan Apel pagi sekaligus memperingati

SOSIALISASI PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN KEGIATAN KEISTIMEWAAN KAPANEWON KARANGMOJO

Kegiatan Rapat Sosialisasi Perencanaan dan Pengendalian Kegiatan Keistimewaan Kapanewon Karangmojo


Download